Minggu, 17 Maret 2019





KONVERGENSI MEDIA, itu Apa sih?


#Jurnalisme_Online_Minggu2

Banyak di antara kita yang belum mengetahui adanya perubahan di berbagai macam teknologi terutama di industry media. Adanya perkembangan teknologi media ini banyak yang menyebut sebagai konvergensi media. Sebenernya apa yang dimaksud dengan konvergensi media itu?

Diambil dari berbagai pengertian konvergensi media itu berarti berasal dari dua kata yaitu konvergensi dan media. Konvergensi itu berarti peralihan dari media lama kemedia baru. Atau ada juga yang mengartikan bahwa  konvergensi adalah hilangnya batas antarmedia. Hal ini dimaksudkan bahwa media yang lama sudah harus diperbaharui karena sudah ketinggalan zaman dan sudah tidak disukai orang lagi. Sedangkan media itu dapat dimaksudkan sebagai teknologi yang digunakan oleh jurnalis ataupun produsen industry.

Hal di atas tentu saja dapat diartikan bahwa konvergensi media adalah peralihan teknologi yang digunakan oleh produsen industry media dalam menyiarkan atau memberitakan suatu informasi kepada khalayak public.

Bukan hanya definsi yang memiliki banyak pengertian jenis dari konvergensi media itu sendiri, dalam buku Handbook of Global Online Jounalism: Willey Blackwell juga terdapat beberapa definisi dari konvergensi media yaitu:

a.       Konvergensi sebagai produk

Adanya penggabungan teknologi untuk menghasilkan suatu produk, kombinasi tersebut di antaranya yaitu: media cetak, TV, Radio, Internet atau yang kemudian disebut sebagai multimedia.

b.      Konvergensi sebagai system

Hal ini diungkapkan oleh Gordon dalam bukunya yang berjudul The Meaning of Convergence, Rich Gordon (Quinn, 2004:112) membagi konvergensi ke dalam lima dimensi atau level (Aritasius, S. 2012:39) :

·         Ownership Convergence

Konvergensi jenis ini merupakan jenis konvergensi karena adanya kepimilikan industry media yang lebih dari satu jenis media. Hal ini dikarenakan si pemilik media tersebut membuka media lain untuk menunjang penyiaran berita atau informasi. Contohnya adalah MNC Grup yang memiliki 3 stasiun TV yaitu, MNC, RCTI, dan GTV, memiliki media online yaitu okezone.com, memiliki media cetak Koran Sindo.

·         Tactical Convergence

Konvergensi merupakan strategi suatu media untuk melakukan promosi satu sama lain dan saling bertukar informasi yang dimaksudkan untuk saling menguntungkan pihak yang melakukan kerjasama. Contohnya MD Entertainment melakukan promosi Film Dannur Maddah 2 di Net TV sedangkan MD Entertainment memasang iklan Film Dannur Maddah 2 tersebut di Net TV. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa Net TV mendapatkan keuntungan karena MD Entertainment memasang iklan di Net Tv, sedangkan MD Entertainement juga mendapatkan keuntungan karena penonton kebanyakan dari Net Tv adalah generasi millineals  yang mayiritas penonton Film tersebut.

·         Structural Convergence

Konvergensi ini menyangkut adanya pembagian kerja dalam suatu industry media dikarenakan adanya konvergensi media ini. Hal ini dapat dimaksudkan bahwa dalam suatu industry media semua orang dapat melakukan pekerjaan orang lain juga. Misalnya seorang Profesional PR dapat pula mengerjakan pekerjaan seorang jurnalis, begitupun sebaliknya.

·         Information Gathering Convergence

Konvergensi ini dapat pula disebut sebagai Backpack Journalist. Hal ini dapat diartikan bahwa seorang jurnalis harus memiliki kemampuan lebih dari satu media yang dimaksudkan supaya dapat mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dalam berbagai platform sekarang ini dapat dicontohkan adanya media yang menyajikan informasi di TV, website, dan tidak lupa penggunaan media sosial seperti Instagram, Youtube, dan portal yang dimiliki oleh industry media, seperti Vidio.com (Indosiar), Zulu.id (NET.TV), Okezone.com (MNC Group).

·         Storytelling Convergence

Merupakan bentuk konvergensi media dimana menuntutketrampilan jurnalis untuk bisa menyajikan berita sesuai dengan segmen pasar dari media tersebut, yang juga dilengkapi dengan foto, media, dan grafis. Hal ini dijelaskan bahwa konvergensi media itu juga dituntut untuk menyajikan berita dengan menarik sehingga dapat menarik perhatian pembaca atau penontonnya.



c.       Konvergensi Sebagai Proses

Hal ini dimaksudkan bahwa konvergensi media bukanlah suatu hal yang berakhir dengan hasil, karena konvergesi media merupakan sesuatu yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Begitulah penjelasan sigkat mengenai perkembangan teknologi media atau Konvergensi media. Selain hal tersebut perkembangan teknologi media ini juga terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan. Kelebihan dari adanya konvergensi media ini adalah:

a.       Mengikuti perkembangan zaman yang tentu saja akan terlihat lebih menarik

b.      Mudah diakses dimanapun dan kapanpun

c.       Tidak adanya batasan jarak dan tempat untuk mendapatkan berita dari seluruh penjuru dunia

Kekurangan dari adanya konvergensi media ini adalah:

a.       Mematikan segmen pasar media yang sudah ada sebelumnya. Adanya hal ini tentu saja dapat menyebabkan kebangkrutan dari pemilik media sebelumnya.

b.      Banyaknya informasi hoax yang tersebar karena tidak adanya batasa jarak dan waktu

c.       Mudahnya seseorang dalam menerima informasi membuat kurangnya kesadaran dalam memahami informasi sehingga membuat timbulnya provokasi di tengah-tengah kehidpan.

Adanya konvergensi media ini tentua saja dapat mengubah cara pandan seseorang dalam menyikapi industry media, maka dari itu bijaklah dalam menggunakan media sehingga tidak mudah terprovokasi oleh media.

Sekian materi di hari minggu kita kali ini, untuk menambah daftar bacaan menegnai konvergensi media bisa juga nih baca di https://pakarkomunikasi.com/teori-konvergensi-media/amp dan  https://www.kompasiana.com/adibayu/58cc18947eafbd002a0a7649/konvergensi-media-kenyataan-yang-tak-dapat-dihindari?page=all dan teman-teman juga bisa baca buku-buku terkait dengan konvergensi media lainnya ya. Karena konsepnya belajar bareng jadi jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini ya J

SUMBER:

Ambar. 2018. Teori Konvergensi Media- Jenis- Hambatan. https://pakarkomunikasi.com/teori-konvergensi-media/amp. Di akses pada tanggal 15 Maret 2019 pukul 14.00 WIB.

Bayu Adi. 2017. Konvergensi Media, Kenyataan yang Tak Dapat Dihindari. https://www.kompasiana.com/adibayu/58cc18947eafbd002a0a7649/konvergensi-media-kenyataan-yang-tak-dapat-dihindari?page=all. Diakses pada tanggal 16 Maret 2019 pukul 08.00 WIB.

Siapera, Eugenia dan Andreas Veglis. 2012. The Handbook of Global Online Jounalism. Willey Balckwell: Oxford UK.

6 komentar:

Klik Sekali Dampaknya Bertahun-tahun: Dampak Filter Bubble_Jurnalisme Online Minggu 12

Sumber Gambar:  https://medium.com/@byrnehobart/how-filter-bubbles-will-save-the-world-c37f5ade70ef           ...